Peran Kecerdasan Buatan dalam Digitalisasi Pendidikan: Tinjauan Sistematis terhadap Tren dan Tantangan

Authors

  • Syauqiyah Awaliyah Alfiani Nur
  • Nur Nasharuddin Noni Universitas Negeri Makassar, South Sulawesi, Indonesia
  • Muh. Safar Nur

DOI:

https://doi.org/10.59065/jissr.v5i1%20(Special%20Issues).196

Keywords:

Kecerdasan Buatan (AI), Digitalisasi Pendidikan, Tren, Tantangan

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa transformasi signifikan dalam digitalisasi pendidikan. AI menawarkan solusi inovatif dalam pembelajaran, seperti sistem pembelajaran adaptif, chatbot edukatif, serta analisis data yang membantu pengambilan keputusan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis tren utama dalam pemanfaatan AI di pendidikan, mengidentifikasi tantangan implementasinya, serta mengeksplorasi rekomendasi pengembangan kebijakan dan praktik terbaik dalam integrasi AI di lingkungan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi pustaka untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang penerapan kecerdasan buatan dalam pendidikan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memberikan berbagai manfaat dalam pendidikan, termasuk peningkatan personalisasi pembelajaran, efisiensi administrasi, dan dukungan bagi siswa berkebutuhan khusus. Namun, implementasi AI juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, kesiapan pendidik dan siswa, serta isu privasi data dan etika penggunaan AI dalam pembelajaran. Sebagai langkah mitigasi, penelitian ini merekomendasikan penguatan kebijakan dan regulasi yang mengatur penggunaan AI dalam pendidikan, peningkatan pelatihan bagi pendidik untuk mengoptimalkan AI dalam pengajaran, serta kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri teknologi untuk mengembangkan solusi berbasis AI yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’ini, Q., & Khoiriyah, R. (2024). Merevolusi pendidikan dengan kecerdasan buatan chatbots: Meningkatkan pembelajaran dan penilaian. Jurnal Multidisiplin Ibrahimy, 2(1), 54–71. https://doi.org/10.35316/jummy.v2i1.5510

Alamsyah, A. C., Nadiva, Z., Adhiputranto, J., Azis, A., & Artikel, I. (2025). Inovasi dan kolaborasi di bidang pendidikan dalam era digital. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 97–100. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/index

Budi, I. S., Putrayasa, I. B., Wisudariani. NMR, & Sudiana, I. N. (2024). Peran dan tantangan penggunaan Artificial Intelligence dalam inovasi pengembangan kurikulum pembelajaran bahasa Indonesia masa depan. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4).

Bulut, O., & Beiting-Parrish, M. (2024). The rise of Artificial Intelligence in educational measurement: Opportunities and ethical Challenges. Chinese/English Journal of Educational Measurement and Evaluation, 5(3), 1–32. https://doi.org/10.59863/MIQL7785

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) dalam dunia pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14.

Festus, O., & Bamidele Emmanuel, O. (2024). Sociocultural and digital communication challenges in AI adoption for classroom communication: Insights from Nigerian colleges of education. Language, Technology, and Social Media, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.70211/ltsm.v3i1.115

Gökçearslan, Ş., Tosun, C., & Erdemir, Z. G. (2024). Benefits, challenges, and methods of Artificial Intelligence (AI) chatbots in education: A systematic literature review. International Journal of Technology in Education, 7(1), 19–39. https://doi.org/10.46328/ijte.600

Holmes, W., Porayska-Pomsta, K., Holstein, K., Sutherland, E., Baker, T., Shum, S. B., Santos, O. C., Rodrigo, M. T., Cukurova, M., Bittencourt, I. I., & Koedinger, K. R. (2022). Ethics of AI in Education: Towards a Community-Wide Framework. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32(3), 504–526. https://doi.org/10.1007/s40593-021-00239-1

Huang, X., Zou, D., Cheng, G., Chen, X., & Xie, H. (2023). Trends, research issues and applications of artificial intelligence in language education. Educational Technology & Society, 26(1), 112–131.

Kooli, C. (2023). Chatbots in education and research: A critical examination of ethical implications and solutions. Sustainability (Switzerland), 15(7), 1–15. https://doi.org/10.3390/su15075614

Mauti, J. M., & Ayieko, D. S. (2025). Ethical implications of Artificial Intelligence in university education. East African Journal of Education Studies, 8(1), 159–167. https://doi.org/10.37284/eajes.8.1.2583

Prayogi, A., Irham, I., Ramadhan, R. I., & Laksana, S. D. (2025). Pendidikan Artificial Intelligence di sekolah : Suatu kajian teoritis dan praktis. 2(1), 1–8. https://ejurnal.faaslibsmedia.com/index.php/complex

Risparyanto, A. (2020). Turnitin sebagai alat deteksi plagiarisme. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(2), 126–135. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss2.art5

Sahren, S., Ruri Ashari Dalimunthe, Afrisawati, A., & Muhammad Wahi Butar-Butar. (2023). Pelatihan penerapan pembelajaran berbasis Artificial Intelligence Di UPT SD Negeri 04 Sei Muka. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(3), 132–139. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i3.205

Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru. Jurnal Cahaya Mandalika, 1(2), 47–51.

Wijiati, W., Ifani, S. D., Damayanti, S., & Argadinata, H. (2024). Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam manajemen pendidikan: Meningkatkan efisiensi tantangan di satuan pendidikan. Proceedings Series of Educational Studies. https://estech.shinyapps.io/prisma_flowdiagram/

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0

Zhou, X., Smith, C. J. M. B., & Al-Samarraie, H. (2023). Digital technology adaptation and initiatives: a systematic review of teaching and learning during COVID-19. Journal of Computing in Higher Education, 1. https://doi.org/10.1007/s12528-023-09376-z

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Alfiani Nur, S. A., Noni, N. N., & Nur, M. S. (2025). Peran Kecerdasan Buatan dalam Digitalisasi Pendidikan: Tinjauan Sistematis terhadap Tren dan Tantangan. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 5(1 Special Issues), 29–33. https://doi.org/10.59065/jissr.v5i1 (Special Issues).196