Peran Kecerdasan Buatan dalam Digitalisasi Pendidikan: Tinjauan Sistematis terhadap Tren dan Tantangan
DOI:
https://doi.org/10.59065/jissr.v5i1%20(Special%20Issues).196Keywords:
Kecerdasan Buatan (AI), Digitalisasi Pendidikan, Tren, TantanganAbstract
Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa transformasi signifikan dalam digitalisasi pendidikan. AI menawarkan solusi inovatif dalam pembelajaran, seperti sistem pembelajaran adaptif, chatbot edukatif, serta analisis data yang membantu pengambilan keputusan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis tren utama dalam pemanfaatan AI di pendidikan, mengidentifikasi tantangan implementasinya, serta mengeksplorasi rekomendasi pengembangan kebijakan dan praktik terbaik dalam integrasi AI di lingkungan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi pustaka untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang penerapan kecerdasan buatan dalam pendidikan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memberikan berbagai manfaat dalam pendidikan, termasuk peningkatan personalisasi pembelajaran, efisiensi administrasi, dan dukungan bagi siswa berkebutuhan khusus. Namun, implementasi AI juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, kesiapan pendidik dan siswa, serta isu privasi data dan etika penggunaan AI dalam pembelajaran. Sebagai langkah mitigasi, penelitian ini merekomendasikan penguatan kebijakan dan regulasi yang mengatur penggunaan AI dalam pendidikan, peningkatan pelatihan bagi pendidik untuk mengoptimalkan AI dalam pengajaran, serta kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri teknologi untuk mengembangkan solusi berbasis AI yang lebih efektif.Downloads
References
A’ini, Q., & Khoiriyah, R. (2024). Merevolusi pendidikan dengan kecerdasan buatan chatbots: Meningkatkan pembelajaran dan penilaian. Jurnal Multidisiplin Ibrahimy, 2(1), 54–71. https://doi.org/10.35316/jummy.v2i1.5510
Alamsyah, A. C., Nadiva, Z., Adhiputranto, J., Azis, A., & Artikel, I. (2025). Inovasi dan kolaborasi di bidang pendidikan dalam era digital. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 97–100. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/index
Budi, I. S., Putrayasa, I. B., Wisudariani. NMR, & Sudiana, I. N. (2024). Peran dan tantangan penggunaan Artificial Intelligence dalam inovasi pengembangan kurikulum pembelajaran bahasa Indonesia masa depan. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4).
Bulut, O., & Beiting-Parrish, M. (2024). The rise of Artificial Intelligence in educational measurement: Opportunities and ethical Challenges. Chinese/English Journal of Educational Measurement and Evaluation, 5(3), 1–32. https://doi.org/10.59863/MIQL7785
Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) dalam dunia pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14.
Festus, O., & Bamidele Emmanuel, O. (2024). Sociocultural and digital communication challenges in AI adoption for classroom communication: Insights from Nigerian colleges of education. Language, Technology, and Social Media, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.70211/ltsm.v3i1.115
Gökçearslan, Ş., Tosun, C., & Erdemir, Z. G. (2024). Benefits, challenges, and methods of Artificial Intelligence (AI) chatbots in education: A systematic literature review. International Journal of Technology in Education, 7(1), 19–39. https://doi.org/10.46328/ijte.600
Holmes, W., Porayska-Pomsta, K., Holstein, K., Sutherland, E., Baker, T., Shum, S. B., Santos, O. C., Rodrigo, M. T., Cukurova, M., Bittencourt, I. I., & Koedinger, K. R. (2022). Ethics of AI in Education: Towards a Community-Wide Framework. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32(3), 504–526. https://doi.org/10.1007/s40593-021-00239-1
Huang, X., Zou, D., Cheng, G., Chen, X., & Xie, H. (2023). Trends, research issues and applications of artificial intelligence in language education. Educational Technology & Society, 26(1), 112–131.
Kooli, C. (2023). Chatbots in education and research: A critical examination of ethical implications and solutions. Sustainability (Switzerland), 15(7), 1–15. https://doi.org/10.3390/su15075614
Mauti, J. M., & Ayieko, D. S. (2025). Ethical implications of Artificial Intelligence in university education. East African Journal of Education Studies, 8(1), 159–167. https://doi.org/10.37284/eajes.8.1.2583
Prayogi, A., Irham, I., Ramadhan, R. I., & Laksana, S. D. (2025). Pendidikan Artificial Intelligence di sekolah : Suatu kajian teoritis dan praktis. 2(1), 1–8. https://ejurnal.faaslibsmedia.com/index.php/complex
Risparyanto, A. (2020). Turnitin sebagai alat deteksi plagiarisme. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(2), 126–135. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss2.art5
Sahren, S., Ruri Ashari Dalimunthe, Afrisawati, A., & Muhammad Wahi Butar-Butar. (2023). Pelatihan penerapan pembelajaran berbasis Artificial Intelligence Di UPT SD Negeri 04 Sei Muka. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(3), 132–139. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i3.205
Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru. Jurnal Cahaya Mandalika, 1(2), 47–51.
Wijiati, W., Ifani, S. D., Damayanti, S., & Argadinata, H. (2024). Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam manajemen pendidikan: Meningkatkan efisiensi tantangan di satuan pendidikan. Proceedings Series of Educational Studies. https://estech.shinyapps.io/prisma_flowdiagram/
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0
Zhou, X., Smith, C. J. M. B., & Al-Samarraie, H. (2023). Digital technology adaptation and initiatives: a systematic review of teaching and learning during COVID-19. Journal of Computing in Higher Education, 1. https://doi.org/10.1007/s12528-023-09376-z
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfiani Nur Syauqiyah Awaliyah , Noni Nur Nasharuddin, Nur Muh. Safar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following conditions:
- Authors retain the copyright of their work while granting the journal the right of first publication. The published work is licensed under the Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/). This license permits others to share and adapt the work, provided that proper credit is given to the original author(s) and the journal as the initial publisher.
- Authors may establish separate, additional agreements for the non-exclusive distribution of their published work (e.g., depositing it in an institutional repository or including it in a book), as long as they acknowledge its original publication in this journal.
- Authors must sign a copyright transfer agreement once they have reviewed and approved the final proof provided by JISSR before publication.