Pembelajaran Ilmu Tajwid untuk Meningkatkan Kualitas Qira’atul Qur’an Pesantren NU Polewali Mandar

Authors

  • Masyunida Damier STKIP Tomakaka Tiwikrama Pasangkayu
  • Wahyunida Damier STKIP Tomakaka Tiwikrama Pasangkayu
  • Hijranah Wahab Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59065/jissr.v2i2.32

Keywords:

ilmu tajwid, kualitas, Qira’atul Qur’an, pembelajaran, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pembelajaran hukum tajwid terhadap kualitas Qira’atul Qur’an pada santri pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Sarampu Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Sarampu Kabupaten Polewali Mandar. Instrumen kunci penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan beberapa dokumentasi. Adapun metode pengumpulan data riset lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran ilmu tajwid untuk meningkatkan  kualitas qira’atul qur’an pada Santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Sarampu Kabupaten Polewali Mandar adalah sangat baik karena santri mampu melafalkan huruf sesuai dengan makhraj dan sifatnya. Faktor pendukung, banyaknya kitab-kitab qira’ah, pengasuh yang berkompeten sehingga lebih mudah menerapkan pembelajaran hukum tajwid. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya pengasuh dan beragamnya latar belakang santri. Upaya mengatasi hambatan hukum tajwid adalah, menyiapkan pendidik yang berkualitas serta ahli dalam bidang tajwid dan menyiapkan media berupa alat peraga, proyektor dan buku panduan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurohim, A. I. (2003). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: Diponegoro.

Adiva Syaifullah1*, F. M. R., Salamah3, F., & Srisantyorini2, T. (n.d.). PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asy’ari, A. (1987). Pelajaran Tajwid. Surabaya: Apollo Lestari.

Chaer, A. (2014). Perkenalan Awal dengan al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Z. (2016). Metodik khusus pengajaran agama Islam.

Fatmawati, Tamsah, H., Utina, D. A., Romadhoni, B., Yusriadi, Y., Chairul Basrun Umanailo, M., & Fais Assagaf, S. S. (2021). The effect of organizational tradition, control, and self-efficacy on the success of civil servants of education staff at the ujung pandang state polytechnic office. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 7386–7395.

la Kamalussin, O. A., Misnawati, Hartawati, A., Rahman, Yusriadi, Y., Hutapea, R. H., & Bin-Tahir, S. Z. (2021). Inhibiting factors (Internal & external) implementation of the family hope program (PKH) in bone regency. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 6269–6275.

Misnawati, M., -, H., J, A. R., Yusriadi, Y., & Bin-Tahir, S. Z. (2019). The Role of Family Hope Program Actor in Empowering Poor Society (Case Study of Bone Regency) Indonesia. Journal of Public Administration and Governance. https://doi.org/10.5296/jpag.v9i2.14875

Penyusun, T. (2013). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Makalah dan Skripsi). Parepare: Stain.

Poerbakawatja, S. (1976). Ensiklopedi pendidikan. Gunung Agung.

Sawitri, N. N., Ermayanti, D., Farida, U., Junus, D., Baharuddin, Hasmin, Yusriadi, Rachman, E., Jumra, & Vikaliana, R. (2019). Human Resources Competency, the Use of Information Technology and Internal Accounting Control on Time Procurement of Financial Reporting. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012263

Sumarni, Syahruddin, Hendra, Beddu, S., Yusriadi, Y., Chairul Basrun Umanailo, M., & Fais Assagaf, S. S. (2021). Improvement of supervision quality at the regional inspectorate of soppeng regency. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 7448–7455.

Tamsah, H., Ilyas, J. B., & Yusriadi, Y. (2021). Create teaching creativity through training management, effectiveness training, and teacher quality in the covid-19 pandemic. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 18–35. https://doi.org/10.29333/ejecs/800

Tamsan, H., & Yusriadi, Y. (2022). Quality of agricultural extension on productivity of farmers: Human capital perspective. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 625–636. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.11.003

Tekan, I. (1980). Pelajaran Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Umar, A., Amrin, Madani, M., Farida, U., Yusriadi, Y., Tamsa, H., Bahtiar, Ansar, Yahya, M., Nurnaningsih, Bin-Tahir, S. Z., & Misnawati, M. (2019). One-stop service policy as a bureaucratic reform in Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 18(2).

Umi Farida, Nurung, J., Misnawati, M., Yusriadi, Y., Tamsah, H., Anwar, A., & Heryati, Y. (2020). Warmer And Filler In Increasing Students Vocabulary Mastery. Psychology and Education Journal, 57(8), 763–772. https://doi.org/https://doi.org/10.17762/pae.v57i8.1010

Zacharias, T., Rahawarin, M. A., & Yusriadi, Y. (2021). Cultural reconstruction and organization environment for employee performance. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(2), 296–315. https://doi.org/10.29333/ejecs/801

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Damier, M., Damier, W., & Wahab, H. (2022). Pembelajaran Ilmu Tajwid untuk Meningkatkan Kualitas Qira’atul Qur’an Pesantren NU Polewali Mandar. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.59065/jissr.v2i2.32

Issue

Section

Articles