Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Kualitas Proses Pembelajaran

Penulis

  • Fitriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMKOP
  • Andi Rasyidd Pananrangi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMKOP
  • Baharuddin Baharuddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMKOP

DOI:

https://doi.org/10.59065/jissr.v2i2.45

Kata Kunci:

metode ceramah, peran orang tua, belajar siswa, pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa di UPT SMAN 19 Gowa yang belum maksimal dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap siswa pada UPT SMAN 19 Gowa dibawah naungan Cabang Dinas Wilayah II Makassar-Gowa dengan sampel sebanyak 161 responden. Adapun teknik analisis data yang dipakai yaitu analisis jalur dengan bantuan program SPSS Vers. 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Metode Ceramah Plus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Proses Pembelajaran  di UPT SMAN 19 Gowa, (2) Peran Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Proses Pembelajaran  di  UPT SMAN 19 Gowa, (3) Metode Ceramah Plus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa di UPT SMAN 19 Gowa, (4) Peran Orang Tua berpengaruh positif dan  tidak signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 19 Gowa, (5) Kualitas Proses Pembelajaran  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa di UPT SMAN 19 Gowa, (6) Metode Ceramah Plus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Kualitas Proses Pembelajaran  di  UPT SMAN 19 Gowa, (7) Peran Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Kualitas Proses Pembelajaran di UPT SMAN 19 Gowa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abu, Ahmadi. 2001. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Afifatu Rohmawati. 2019. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini.PPS Universitas Negeri Jakarta.

Ahmadin, Gunawan, B.I. & Mustari. 2018. Pengaruh Peran Orang Tua, Guru, Motivasi Belajar, Metode, Sarana dan Prasarana terhadap Prestasi Hafalan Al-Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar. Dalam Jurnal YUME, Volume 1 Nomor 2,Februari-Mei 2018.

Al-Fiqri, Yanuar.2018. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Baca terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 01 Argamakmur Bengkulu utara. Skripsi

Andi Rasyid P. (2018). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa. Makassar

Arikunto, Suharsimi. 2001. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: : Rineka Cipta.

Arnita. 2017. Inovasi Metode dan Media dalam Pembelajaran Seni di Sekolah. Jurnal Konseling dan Pendidikan.

Aspiyah. Pengaruh Metode Ceramah terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa SMAN 1 Keronjo. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Berry. 1995. Pokok-Pokok Pikiran dalam Sosiologi. Jakarta:PT Raja Grafindo.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Renika Cipta

Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang:CV.IKIP Semarang Press

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional

Dewi Marwani. 2018. Penaruh Metode Ceramah dan Tanya Jawab terhadap Tingkat Partisipasi Siswa dalam Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAN Yogyakarta I. Tesis. Universitas Islam Indonesia

Dikti. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta:Depdiknas.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta, Cetakan 3. Hal.202-204.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah.2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta:Renika Cipta

Dyanesillia, Arliny. 2012. Metode Pembelajaran Ceramah Plus, Online. Tersedia di http://hardipisan.blogspot.com/#uds-search-result (diakses 26 Agustus 2020)

Edi Haryono, Mimi Haetami, Fitri P.Hidasari. 2018. Upaya Meningkatkan hasil Belajar Passing Bawah bola Voli melalui Metode Ceramah Plus pada Peserta Didik. Artikel Jurnal. FKIP UNTAN.

Embo, Estiana. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Makassar.Skripsi.Universitas Negeri Makassar.

Gafar, Abdul dan Utami, Sinta Prihma.2015. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri di Yogyakarta.Jurnal.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara

Haryanti, Fitri. 2017. Dampak Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII. Skripsi

Ibrahi, Yusuf. dan Rivai, Wanto 2014. Analisis Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak.Jurnal.

Kartiani, Sarita Baiq. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Skripsi

Khafid, Muhammad dan Suroso.2007. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal

Moh. Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 2004. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya

Ningrum, Wulan Ratna. 2016. Pengaruh Peranan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat.Jurnal.

Nurfadillah, Firda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016. 2016. Standar Penilain Pendidikan. Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017. 2017. Perlibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010. 2010 Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.

Peraturan Menteri Nomor 7 tahun 2020, http://pjj.ui.ac.id/panduan-pemula/ diakses 09 September 2020 jam 23.00 WITA.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama darurat Covid-19.

Rahman, Bujang. 2014. Kemitraan Orang Tua dengan Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal.

Raymond, Simamora H. 2008. Buku Ajar Pendidikan. Jakarta:EGC

Rismawati, Kartika. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar terhadap Hasil Belajar.Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Saputra, Yudi Kadek. 2015. Pengaruh Proses Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Maulana Pengayaman. Tesis.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Schunk, D.H., Pintrich, P.R., Meece, J.L. 2010.Motivation in Education : Theory, Research and Application. (3rd ed.) New Jersey : Pearson Education Inc.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Sr. Yustiana Wiwiek Iswanti CB. 2017. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Peran Orang tua dengan Prestasi Belajar Siswa SMU Tarakanita I. Artikel Jurnal. LPK

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhaenah, Suparno. 2001. Membangun Kompetensi Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Suhendro. 2018. Pengaruh Metode Demontrasi dan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Geografi di SMAN 3 Metro. Skripsi. Universitas Lampung.

Suparno. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi. Jakarta:PT.Gramedia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Sumadji.2015. Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.Tesis.

Surakhmad, Winarno. 1990. Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Bandung:Tarsito.

Syahrudin, Husni, Buwono, Sri, Utami, Iis. 2013. Pengaruh Proses Pembelajaran dan Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Hasil Belajar. Jurnal

Umar, Husein. 2000. Desain Penelitian. Gramedia:Pustaka Utama.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohammad. 2015. Belajar dengan Pendekatan. PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulan Ratna Nigrum. 2016. Pengaruh Peranan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan. Universitas Terbuka.

Yusmanto, Bagus. 2014. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Membaca Al – Qur’an Siswa Kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014“. S1 Skripsi.Pendidikan Agama Islam.Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Diterbitkan

2022-07-29

Cara Mengutip

Fitriani, Pananrangi, A. R., & Baharuddin, B. (2022). Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Kualitas Proses Pembelajaran. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 2(2), 170–185. https://doi.org/10.59065/jissr.v2i2.45

Terbitan

Bagian

Articles